5 KOMPLIKASI AKIBAT TUBERCULOSIS

5 KOMPLIKASI AKIBAT TUBERCULOSIS

5 KOMPLIKASI AKIBAT TUBERCULOSIS

5 KOMPLIKASI AKIBAT TUBERCULOSIS –   Jika anda terlalu mengabaikan tuberculosis, anda akan mengalami dampak buruk seperti mengalami komplikasi tubuh yang diakibatkan dari tuberculosis yang tidak cepat ditangani.

Tuberkulosis atau yang sering disebut tbc merupakan penyakit pernapasan yang menyerang paru paru, disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis yang berkembang biak didalam paru paru hingga mengalami infeksi.

Penyakit pernapasan ini bisa menular dari satu orang ke orang lainnya melalui udara, seperti satu lingkungan hidup, berbicara langsung dengan penderita, bersin, batuk, dan lainnya.

Awal penyakit bisa di diagnosis dengan beberapa gejala tuberkulosis yang sedang dirasakan seperti batuk dahak disertai darah yang terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama, pusing, keringat berlebihan di malam hari, dan sesak napas.

Tuberkulosis atau tbc ini jika tidak ditangani dari awal akan menimbulkan resiko komplikasi yang serius bagi tubuh, yaitu munculnya penyakit penyakit baru yang bahkan akan lebih berbahaya dari tbc, sehingga resiko kematian akan lebih besar.

Kenali komplikasi tuberkulosis yang dapat meningkatkan resiko kematian bagi penderitanya, sebagai berikut :

  1. Kerusakan pada ginjal dan hati

Kerusakan pada dua organ ini bisa disebabka karena virus tuberkulosis yang telah menyebar dari paru paru dan imunitas tubuh yang melemah, jika kedua organ ini mengalami kerusakan karena virus, ini akan berdampak buruk dan mengurangi terhadap fungsi utamanya yaitu meyaring darah yang kotor.

  1. Gangguan pada mata

Jika virus tuberkulosis menyebar pada mata, maka retina yang mengalami iritasi, kondisi ini bisa menyebabkan mata pada kondisi akhir yaitu kebutaan.

  1. Rusaknya tulang dan persendian

Tulang dan sendi akan merasakan gejala sakit yang luar biasa jika sampai penyebaran virus m. tuberculosis dari paru paru sudah sampai kepada tulang, sehingga dengan berputarnya waktu tulang akan mengalami kerapuhan.

  1. Hemoptisis

Komplikasi TBC yang selanjutnya yaitu Hemoptisis, merupakan batuk dahak berdarah yang penyebab utamanya sudah pasti dikarenakan adanya penyakit tbc, batuk yang terus berlanjut tanpa ada penanganan langsung akan membuat hemoptisis berada di tahap darurat medis.

  1. Meningitis atau radang selaput otak

Penyakit meningitis disebabkan oleh virus dan bakteri yang menyerang di sistem pernapasan dan menyebar ke otak sehingga membuat permasalahan dalam kerja otak seperti gerak, berpikir dan dapat berujung pada kematian.

Sampai saat ini penyakit meningitis merupakan penyakit serius yang harus diwaspadai dan sudah tergolong dalam darurat medis.

Meski penyakit tuberculosis telah dinyatakan sembuh tapi jika bakteri ini masih menyebar keseluruh jaringan tubuh yang lain akan sangat berdampak fatal, pasalnya komplikasi penyakit diatas merupakan penyakit yang menyerang pada organ tubuh yang sangat penting dan bahayanya akan melebihi penyakit TBC itu sendiri.

Jika angka kematin meningkat karena penyakit TBC, bisa saja dalam mematikannya tidak hanya oleh penyakit tbc saja melainkan adanya komplikasi lain yang membuat kondisi tuberkulosis lebih sangat berbahaya.

Jika anda telah di uji laboratorium dan dinyatakan positif menderita tuberkulosis, sebaik baiknya yang harus anda lakukan adalah dengan mengikuti segala intruksi dari dokter, minum obat dengan rutin dan cek kesehatan secara rutin.

HAPPY HEALTHY AND THANK YOU VERY MUCH

POST BY : 5 KOMPLIKASI AKIBAT TUBERCULOSISOBAT TBC ALAMI DAN MANJUR

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*